081- 3583-4961 | aplikasi rumah sakit dan sintem informasi

Sistem Informasi Rumah Sakit

Image result for rumah sakit
  Tugas dari Sistem Informasi Rumah Sakit
Menurut  Payam Homayounfar (2012), tugas yang paling penting dalam informasi rumah sakit sistem dapat diringkas sebagai berikut:
1.      Penyimpanan dan pemantauan kondisi pasien:
·         Mengakurasi dan menyimpan secara elektronik catatan medis pasien (misalnya alergi obat) disediakan
·         Mengatur sistem peringatan visual dan audio
·         Interval waktu dan / atau periode pengujian untuk tes pada pasien menjadi spesifik
·         Pengolahan data dan analisis untuk keperluan statistik dan penelitian berorientasi tujuan
·         Menampilkan status rawat inap dan rawat jalan serta kinerja secara keseluruhan dalam sistem informasi rumah sakit

2.      Manajemen dan aliran data:
·         Dukungan otomatis transfer data pasien antara departemen dan lembaga-lembaga
·         Mengaktifkan grafis atau digitized diagnostik gambar dari rumah sakit database berdasarkan sistem pengambilan terpadu
·         Tanda tangan digital, untuk menciptakan perintah internal secara elektronik
·         Menjaga komunikasi dengan sistem informasi laboratorium
·         Pendaftaran sumber daya manusia dan properti lainnya
3.      Aspek keuangan:
·         Efisien administrasi keuangan
·         Menggunakan dan memantau obat-obatan dan efektivitas proses Pemesanan
·         Biaya pengobatan terdaftar dan terlaporkan
·         Menyediakan representasi otomatis dari kebutuhan staf Keperawatan

D.    Subsistem dari Sistem Informasi Rumah Sakit
Menurut Sabarguna (2003), Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) terdiri dari beberapa subsistem, antara lain:
1.      Subsistem Layanan kesehatan
Subsistem ini terdiri dari :
a.       Modul rawat inap berfungsi mengelola data-data dan aktivitas layanan medis rawat inapDi dalam modul rawat inap berfungsi untuk mencatat tindakan rawat inap, diagnose rawat inap, informasi rincian biaya pasien secara realtime, rincian informasi selisih biaya pasien antara tunai dan jaminan, informasi status ruangan rawat inap, arsip data pasien rawat inap dan Laporan. Kemudian di dalam sub laporan terdapat bagian-bagian yang meliputi laporan tindakan rawat inap, daftar pasien rawat inap, daftar tarif ruangan, daftar tarif tindakan rawat inap, rincian biaya perawatan per pasien, rekap biaya perawatan per pasien, rincian jasa dokter, rekap jasa dokter, laporan pasien inap, dan laporan pasien pulang.
b.      Modul rawat jalan berfungsi mengelola data-data dan aktivitas layanan medis rawat jalan Dalam modul rawat jalan berfungsi untuk mencatat pembayaran transaksi rawat jalan pasien, pembayaran pasien luar, dan Laporan. Kemudian di dalam sub menu laporan terdapat laporan pendapatann rawat jalan(rincian), laporan pendapatan rawat jalan(rekap), rekap rawat jalan berdasarkan poliklinik, Rekap Rawat Jalan Berdasarkan dokter, Rekap Rawat Jalan Berdasarkan tindakan, daftar tariff rawat jalan, rincian jasa dokter rawat jalan, rekap jasa dokter rawat jalan, rekap pendapatan kasir rawat jalan dan rekap pendapatan kasir kasir rawat jalan per dokter
c.       Modul layanan penunjang medis yang termasuk di dalamnya tindakan medis, pemeriksaan laboratorium, dsb.

2.      Subsistem Rekam Medis
Informasi rekam medik dapat dikelompokkan kedalam tiga kelompok data yaitu : data master pasien, data akuntansi pasien serta data akuntansi Rumah Sakit. Dari kelompok data tersebut dapat di perinci lagi menjadi kelompok-kelompok kecil data yaitu:
a.       Data mengenai identitas pasien, berisi informasi mengenai biografi pasien, demografi, penanggung jawab medis dan keuangan pasien.
b.      Data mengenai status pelayanan, berisi informasi mengenai tanggal kunjungan, dokter yang menangani, status diagnosa terakhir.
c.       Data mengenai catatan kesehatan (rekam medik), berisi informasi mengenai riwayat penyakit dan kesehatan pasien, hasil pemeriksaan (konsultasi, fisik, penunjang medis dll), diagnosa, tindakan-tindakan dan instruksi yang diberikan oleh dokter, perjalanan penyakit dan perawatan serta obat-obatan yang diberikan.
d.      Data mengenai biaya layanan, berisi informasi mengenai tabel-tabel biaya pendaftaran, konsultasi, tindakan dokter dan keperawatan, pemeriksaan penunjang medis, pemakaian obat dan pemakaian peralatan

3.      Subsistem Personalia
Subsistem Personalia, yang mengelola data maupun aktivitas tenaga medis maupun tenaga administratif rumah sakit. Berikut adalah modul-modul yang terdapat dalam personalia:
a.       Modul data pribadi dokter
Dalam modul ini akan ada rekap data pribadi dari dokter. Data yg berkenaan dengan ciri seseorang, misal nama, umur, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, alamat, dan kedudukan dl keluarga.
b.      Modul data gaji, fee, tunjangan dll
Dalam modul ini terdapat rekap data gaji, tunjangan bahkan tambahan gaji bagi karyawan/pegawai yang lembur.
c.       Modul data kepegawaian dokter (bagian, jabatan, poli, dll)
Dalam modul ini akan ada rekap data kepegawaian di rumah sakit. meliputi bagiannya serta jabatannya di rumah sakit tersebut.
d.      Modul history pendidikan dokter
Dalam modul ini akan ada rekap history pendidikan dokter yang bekerja di rumah sakit ini. Rekap data pendidikan meliputi tempat dokter tersebut  melakukan pedidikan.
e.       Modul history kesehatan dokter
Dalam modul ini akan merekap data kesehatan dari dokter yang bersangkutan. meliputi tentang riwayat kesehatan yang bersangkutan, pernah mengalami berbagai penyakit apa saja dan apa memiliki alergi tertentu.
f.       Modul data pribadi karyawan
Dalam modul ini akam ada rekap data pribadi dari pegawai. data yg berkenaan dengan ciri seseorang, misal nama, umur, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, alamat, dan kedudukan dl keluarga.
g.      Modul data kepegawaian karyawan (bagian, jabatan, poli, dll)
Dalam modul ini akam merekap data kariawan di dalam keterkaitannya dengan jabatan di rumah sakit. meliputi bagian, jabatan, poli dll di rumah sakit tersebut.
h.      Modul pendapatan / fee dokter perbulan
Modul ini akan merekap data gaji dari dokter perbulan yang harus di bayarkan oleh rumah sakit.
i.        Modul pencetakan pendapatan / fee dokter perbulan
Dalam modul ini akan ada pencetakan dari pendapatan dokter perbulan yang akan di cetak perbulan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Source Code Aplikasi Rumah Sakit

Pentingnya Aplikasi Rumah Sakit